10 Makanan Khas Medan yang Enak dan Terkenal

Annisa A

10 Makanan Khas Medan yang Enak dan Terkenal

Kota Medan, ibu kota Sumatera Utara, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya. Dengan pengaruh budaya yang kaya dan beragam, makanan Medan menawarkan cita rasa yang unik dan memikat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Makanan Medan yang terkenal dan enak yang wajib dicoba oleh para penggemar kuliner.

1. Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue tradisional Medan yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan manis. Terbuat dari campuran telur, santan, gula, dan tepung terigu, kue ini memiliki aroma wangi yang khas dan rasanya yang lezat. Bika Ambon sering dijadikan oleh-oleh khas Medan dan dapat ditemukan di berbagai toko kue dan pasar tradisional di kota ini.

2. Soto Medan

Soto Medan adalah varian soto yang berasal dari kota Medan dan memiliki cita rasa yang khas. Bedanya dengan soto dari daerah lain adalah penggunaan daging sapi, telur rebus, kentang, tomat, dan tauge sebagai bahan utamanya.

Soto Medan disajikan dengan kuah yang kental dan beraroma rempah, serta disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

3. Mie Gomak

Mie Gomak adalah hidangan mi khas Batak yang terkenal di Medan. Mi ini disajikan dengan irisan daging sapi, telur, sayuran, dan bumbu khas Batak seperti andaliman dan daun singkong. Rasanya yang gurih dan pedas membuat mie gomak menjadi salah satu hidangan favorit di Medan, terutama untuk sarapan atau makan siang.

Baca Juga:  10 Wisata Kuliner Malang yang Terkenal Enak

4. Nasi Padang

Meskipun bukan makanan khas Medan secara asli, nasi Padang telah menjadi salah satu kuliner favorit di kota ini. Restoran-restoran Padang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai sudut kota, dan menyajikan hidangan-hidangan lezat seperti rendang, gulai ayam, sambalado, dan banyak lagi.

Pengunjung dapat menikmati nasi Padang dengan pilihan lauk sesuai selera mereka.

5. Durian Medan

Durian Medan adalah salah satu jenis durian yang terkenal di Indonesia karena rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut. Durian Medan biasanya memiliki ukuran yang besar dan kulit yang berwarna kuning keemasan. Meskipun baunya cukup kuat, penggemar durian akan menikmati rasa manis dan khas dari durian Medan.

6. Martabak Mesir

Martabak Mesir adalah varian martabak khas Medan yang terkenal dengan ukurannya yang besar dan isinya yang melimpah. Terbuat dari adonan tebal yang diisi dengan campuran telur, daging sapi cincang, dan bumbu rempah-rempah, martabak Mesir disajikan dengan saus kacang dan acar timun sebagai pelengkapnya.

Rasanya yang gurih dan beraroma membuat martabak Mesir menjadi salah satu camilan favorit di Medan.

7. Bihun Bebek Asie

Bihun Bebek Asie adalah hidangan khas Medan yang terdiri dari bihun lembut yang disajikan dengan potongan daging bebek yang lezat dan kuah kental yang gurih. Kuahnya terbuat dari kaldu bebek yang kaya rasa, dicampur dengan rempah-rempah pilihan yang memberikan aroma yang menggugah selera.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Maluku yang Paling Terkenal dan Wajib Coba

Hidangan ini sering dihidangkan dengan tambahan daun bawang, seledri, dan bawang goreng untuk menambah cita rasa.

8. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah kue tradisional Medan yang terkenal dengan tekstur lembutnya dan rasa yang manis. Terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan mentega, bolu ini memiliki aroma khas vanila yang membuatnya begitu menggoda. Bolu Meranti sering dihidangkan sebagai hidangan penutup di berbagai acara dan perayaan di Medan.

9. Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan adalah hidangan khas Medan yang terdiri dari kepala ikan yang dimasak dalam kuah gulai kental yang beraroma rempah. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan patin atau ikan mas yang memiliki daging yang lembut dan enak.

Kuah gulainya yang kaya rasa dan pedas membuat hidangan ini sangat disukai oleh pecinta masakan pedas di Medan.

10. Sate Padang

Sate Padang adalah hidangan sate yang terkenal di Medan, terdiri dari potongan daging yang ditusuk dan dipanggang dengan bumbu khas Padang. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, ayam, atau jeroan, yang kemudian disajikan dengan kuah kacang yang kental dan beraroma rempah.

Sate Padang sering dihidangkan dengan lontong atau nasi, serta disajikan dengan potongan bawang merah dan cabe rawit.

Kesimpulan

Makanan khas Medan menawarkan pengalaman kuliner yang kaya dan memuaskan bagi para pecinta makanan. Dari kue tradisional hingga hidangan mi yang khas, Medan memiliki berbagai pilihan makanan yang lezat dan menggugah selera.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Lampung yang Paling Populer dan Enak

Jika Anda berkunjung ke Medan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai Nama Makanan Khas Sumatera Utara ini dan menikmati kelezatan kuliner tradisional Sumatera Utara.

Avatar photo

Annisa A

Annisa A adalah seorang penulis dan analis bisnis dengan fokus pada startup, teknologi, dan inovasi dalam investasi. Ia terus menerus mengeksplorasi perkembangan terbaru di dunia bisnis dan investasi, memberikan insight yang berharga bagi pembaca yang ingin mengikuti perkembangan zaman.

Tags

Share:

Artikel Terkait